6 Cara Membuat Website untuk Pemula

Arya Febiyan | Tips Dan Trik | 8 Juni 2015 | Dibaca 3577 kali 6 Cara Membuat Website untuk Pemula

Mempunyai website milik sendiri dapat menjadi salah satu hal yang paling membantu saat ini. Website dapat Anda gunakan untuk bertukar maupun berbagi informasi dengan orang lain. Atau, Anda juga dapat menggunakan website Anda sebagai penghasil uang, misalnya membuat toko online atau menawarkan jasa kepada orang yang membutuhkan. Tetapi, pertanyaan pentingnya, bagaimana cara membuat website? Ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan.

  1. Merencanakan Website

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah merencanakan website Anda. Anda akan menggunakan website Anda untuk tujuan apa? Inilah pertanyaan yang harus Anda tanyakan pada diri Anda sendiri. Pada dasarnya, ada dua jenis website yang dapat Anda buat sesuai dengan tujuan yang Anda pilih, yaitu tujuan non-komersil dan komersil. Untuk tujuan non-komersil, seperti tempat berbagai cerita dan pengalaman Anda sehari-hari, Anda dapat menggunakan layanan pembuatan website gratis. Sedangkan bila Anda ingin serius mencari uang dengan website Anda, pastikan menggunakna layanan berbayar yang terbaik.

  1. Memilih Domain

Setelah Anda merencanakan dan memilih jenis website yang Anda bangun, selanjutnya Anda harus memilih domain name atau nama website Anda. Pilih nama yang mudah diingat dan akan lebih baik bila hanya terdiri dari maksimal 2 kata. Nama website yang terlalu panjang akan susah diingat. Memang, ada trik untuk membuat website Anda mudah ditemukan dengan mesin pencari, dengan memilih nama domain sesuai dengan kata kunci atau topik utama website Anda. Tetapi, cara ini beresiko untuk membuat website Anda masuk dalam blacklist mesin pencari.

  1. Registrasi Domain

Setelah mendapatkan domain, cara membuat website selanjutnya adalah meregistrasi atau mendaftarkan domain Anda. Disini Anda harus membayar. Besar biaya pendaftaran domain disesuaikan dengan ekstensi domain yang Anda pilih, misalnya “.com”, “.net”, “.co.id” dan lainnya. Harga domain berkisar antara Rp. 55.000 hingga Rp. 600 ribu. Tetapi, itu juga tergantung pada penyedia domain tersebut. Ada banyak website penyedia domain yang dapat Anda temukan di internet. Pilih salah satu yang menawarkan harga yang paling tepat.

  1. Menggunakan Jasa Hosting

Selanjutnya Anda perlu menggunakan jasa hosting. Jasa hosting adalah jasa yang menyediakan server yang dapat Anda gunakan untuk menyimpan semua file agar website Anda dapat berjalan dan bekerja dengan normal. Tujuan Anda membangun website seperti dikatakan pada poin pertama juga akan mempengaruhi jenis hosting yang Anda gunakan. Untuk website komersil, Anda dapat menggunakan hosting yang menyediakan semua fitur, mulai dari bandwidth yang tinggi, kapasitas server yang besar dan sistem keamanan terbaik. Harga hosting terbilang murah. Rata-rata, Anda harus membayar sekitar Rp. 250 ribu per tahun, tergantung jenis layanan hosting yang Anda gunakan. Jangan lupa menyanyakan cara mengatur nama server yang Anda gunakan serta login FTP website Anda. Bila Anda tidak melakukannya, website Anda tidak akan dapat online dan ditemukan di internet.

  1.  Mendesain Website

Setelah domain dan hosting beres, Anda dapat mulai mendesain website yang ingin Anda bangun. Bila Anda tahu bahasa pemrograman, Anda dapat menggunakan HTML 5 atau web editor lainnya. Tetapi, bila Anda tidak tahu sama sekali mengenai web programming, Anda tidak perlu khawatir. Anda dapat menyewa jasa pembuatan website yang saat ini mudah ditemukan di internet. Cari layanan yang berbasis di Indonesia agar Anda lebih mudah dalam berkomunikasi maupun pembayaran. Atau, bila ada teman Anda yang mampu mendesain website, Anda dapat meminta bantuan dari mereka. Tentunya, cara ini akan lebih menghemat biaya Anda.

Beberapa perusahaan SEO juga menyediakan jasa pembuatan website beserta hosting. Anda dapat menggunakan layanna ini untuk cara membuat website yang jauh lebih mudah. Anda hanya perlu memesan satu paket dari mereka dan Anda sudah mendapatkan website Anda, SEO serta website yang siap untuk digunakan.

  1. Belajar Terus

Langkah terakhir adalah Anda harus terus belajar mengenai website ini agar ke depannya, Anda tidak akan mendapatkan kesulitan untuk merawat dan menjalankan website Anda. Jadi, Anda dapat menghemat biaya tanpa harus memanggil jasa profesional, bila website Anda membutuhkan perawatan atau perbaikan. 



Belum ada komentar


NEWSLETTER

Daftar sekarang untuk menerima informasi terkini dari DUMET Development

KONTAK

08788 4567 020

info@dumetdevelopment.com

Ruko Permata Regensi Blok B-18,

Jalan Haji Kelik, Srengseng.

Jakarta Barat, 11630.